Jumat, 05 Juni 2015

6 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda


6 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda – Cengkeh merupakan salah satu dari tanaman toga (tanaman obat keluarga) yang kaya akan berbagai manfaat. Tanaman yang seringkali menjadi campuran dalam tembakau rokok ini, rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk kesahatan dan kecantikan anda. Ini dikarenakan cengkeh mengandung zat Eugenol (C10H12O2). Zat ini seringkali dimanfaatkan sebagai zat tambahan pada bahan-bahan kecantikan dan obat-obatan.

Anda juga bisa mencoba memanfaatkannya untuk berbagai hal. Kurang lebih, ada 6 manfaat yang bisa anda coba dari cengkeh

1. Menangani Infeksi Pernafasan
Menurut riset seorang professor dari Mount Sinai School of Medicine dari New York City; Neil Schachter, MD:
Cengkeh berkerja untuk ekspetoran, yakni bisa membantu mengencerkan lendir yang terdapat pada kerongkongan dan tenggorokan. Ini bisa membantu proses penyembuhan karena infeksi pernapasan. Teh yang mengandung cengkeh, bisa membantu proses penyembuhan dan pencegahan infeksi saluran pernapasan.

2. Menyembuhkan sakit gigi
Cengkeh juga bisa membantu proses penyembuhan gigi yang sakit. Bagian dari cengkeh yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit gigi adalah bunga cengkeh. Caranya sangatlah mudah. Siapkan kurang lebih 5 hingga 10 butir bunga cengkih, sangrai dan haluskan. Kemudian, taburkanlah bubuk yang telah dihaluskan tadi pada area gigi yang sakit.

3. Membersihkan kuman
Kandungan Eugenol atau antiseptik alami dalam cengkeh ini rupanya juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih kuman alternatif. Caranya, rebus 10 hingga 30 biji cengkeh. Selanjutnya, air rebusan cengkeh tadi bisa anda campurkan pada air bak mandi anda dengan takaran perbandingan 1:4. Ketika mandi, siram tubuh anda dengan air yang telah dicampur dengan rebusan cengkeh tadi. Gosok dan bilas tubuh anda hingga bersih.

4. Pewangi alami pakaian
Aroma pada cengkeh yang pedas secara tak langsung juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau tak sedap pada pakaian anda. Aroma ini, juga bisa membuat pakaian anda tetap wangi dan segar. Caranya sangatlah praktis. Taruhlah beberapa batang biji cengkeh dalam almari atau lipatan pakaian anda. Ganti secara rutin setiap 4-5 minggu sekali agar aroma segar pakaian anda tetap terjaga.

5. Membersihkan noda jerawat
Menurut Cornelia Zicu (Staf Elizabeth Arden Red Doors Spas), kandungan Eugenol pada cengkeh (yang juga dikenal sebagai antiseptik pelembab kulit alami) membantu proses pencegahan jerawat dan proses menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Caranya yaitu dengan mengoleskan air rebusan cengkeh pada area jerawat atau noda bekas jerawat.

6. Menyegarkan mulut
Mulut yang seringkali beraroma tak sedap bisa diobati pula dengan batang biji cengkeh. Kandungan Eugenol yang kaya akan manfaat itu juga bisa membantu menjaga aroma tak sedap pada mulut anda. Selain itu, kandungan Eugenol ini juga bisa anda gunakan sebagai obat sariawan atau bibir pecah-pecah. Caranya praktis, yaitu dengan hanya menghisapnya seperti ketika anda menghisap permen. Meskipun rasanya sedikit pedas dan pahit, tetapi cengkeh bisa membuat nafas mulut anda tetap segar dan mampu meredakan sariawan.

Demikian tadi ulasan dan cara-cara memanfaatkan cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan anda. Anda bisa mencoba cara-cara praktis tadi dan membuktikannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar