Senin, 22 Juni 2015

Demi Kuat Puasa Sepanjang Hari, Jangan Lupa Makan 6 Buah Ini Saat Sahur Nanti!


Tak terasa, bulan puasa telah tiba. Kayaknya baru kemarin deh, kita bersalam-salaman ketika lebaran dengan keluarga besar dan kerabat, sekarang kita sudah harus mulai puasa lagi ya. Berjuang untuk bangun pagi untuk sahur, agar kamu kuat puasa seharian dan gak males akibat kekurangan tenaga untuk melewati keseharianmu.

Nah, selain santapan sahur yang sehat, lezat, dan tentunya mengenyangkan, kamu juga butuh untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bakal membantumu melalui puasa lho. Tidak hanya membangunkan sense-mu ketika sahur, konsumsi buah yang tepat juga bisa mengatasi masalah-masalah yang bikin kamu males puasa: dari gak enak badan sampai gampang laper!

Si hitam manis dari tanah timur tengah yang bernama kurma, adalah buah yang paling gak boleh absen di sahurmu. Kamu akan terjaga asupan gizinya walau sahurmu sedikit.

Posisi nomer 1 untuk buah yang harus kamu konsumsi pas sahur, tentu saja ditempati oleh kurma. Yup, buah hitam kecil yang berasal dari tanah timur tengah ini rasanya begitu manis dan juga padat, karena mengandung begitu banyak zat gula yang dibutuhkan tubuhmu. Uniknya, zat gula yang terkandung dalam buah kurma ini gak sama lho, dengan nasi yang biasa kamu lahap disaat sahur dan berbuka

Walaupun kadar zat gula pada kurma termasuk tinggi, kurma rendah akan zat glikemik, yang artinya bisa dikonsumsi secara aman tanpa bikin kamu gendut. Mengkonsumsi kurma juga bikin puasamu makin sehat lho, karena kurma sendiri adalah obat alamiah untuk melawan kolestrol-kolestrol yang ada di tubuhmu.

Untuk yang kerap sakit maag atau sembelit ketika berpuasa, pepaya adalah solusinya

Buah berbentuk unik ini juga sangat bagus untuk dikonsumi saat sahur, mengingat berbagai manfaat yang dimilikinya untuk sistem pencernaanmu. Pepaya adalah buah yang kaya serat, dan juga memiliki kandungan zat-zat yang membantumu mencerna makanan secara lebih optimal. Berbeda dengan buah-buahan lainnya, yang baik dikonsumsi sebelum makan besar, si pepaya ini malah lebih cocok dimakan setelah santap sahurmu selesai.

Pepaya ini juga bagus untuk kamu yang berniat puasa tapi terhalang kendala sakit maag. Daging buahnya yang halus dan cairannya, membantu agar lambungmu tidak nyeri saat mencerna makanan, selain itu pepaya juga dapat membantu menyembuhkan penyakit maag-mu lho!

Apel, penuh gizi dan manfaat, apalagi buat kamu yang kerap kelaparan mendadak di tengah puasa

Selain praktis karena bisa dimakan langsung beserta kulitnya, apel juga termasuk buah yang disarankan untuk dikonsumsi ketika sahur. Selain kaya akan vitamin A, B, dan C, apel juga bisa menekan nafsu makanmu sesaat dan setelah sahur lho. Bagi kamu yang agak khawatir bakal lapar pas puasa, cobalah mengkonsumsi apel ketika sahur.

Layaknya kurma, apel juga membantu melawan kolestrol-kolestrol di dalam tubuhmu, sehingga jantungmu akan lebih sehat. Agar kamu mendapatkan manfaat sempurna dari sebutir apel, makanlah apel beserta kulitnya ya, yakni dengan mencucinya terlebih dahulu di air yang mengalir, dan langsung menggigitnya.

Energi kilat yang mudah diserap tubuh buat sahurmu, dan bagus untuk tekanan darahmu: pisang

Pisang yang kuning dan lonjong ini pas banget lho sebenarnya, untuk suplemen tambahan ketika kamu sahur. Dalam sebuah pisang berukuran sedang, tersimpan hingga 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Pisang juga berkhasiat menormalkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung, oleh karena itu pisang menjadi andalan para atlet pesepeda pasca latihan, selain karena cepat dicerna oleh tubuh.

Kalau kamu termasuk orang yang kurang suka makan pepaya, pisang bisa menjadi substitusi, karena sama-sama bermanfaat untuk membantu pencernaan di usus. Pisang dan pepaya juga sama-sama membantumu melancarkan buang air besar, jadi pantang deh yang namanya sembelit pasca sahur, kalau kamu sudah mengonsumsi salah satu dari dua buah ini!

Selain rasanya yang segar, jeruk bagus banget untuk kamu yang kelelahan atau kurang fit ketika sahur

Ngomongin buah memang gak komplit kalo nggak melibatkan jeruk. Buah terfavorit di seluruh dunia ini, memang segar dan tentunya mengandung banyak sekali kandungan yang bermanfaat buat tubuhmu. Ada vitamin A, B1, B2, dan pastinya vitamin C dalam jumlah banyak, yang bisa membantu menjaga tubuhmu agar tidak drop ketika puasa. Segelas jeruk hangat yang manis, bisa membantumu yang merasa gak enak badan atau kurang istirahat ketika sahur.

Jeruk juga dikenal manjur untuk meredakan gejala flu ringan ataupun berat, terutama di musim pancaroba yang menyebabkan kamu menggigil tiap kali sahur. Bagi orang yang badannya sehat, jeruk juga banyak manfaat yang gak boleh kamu tinggal lho, misalnya meningkatkan antibodi, mencegah infeksi, membersihkan lemak tak jenuh dari tubuhmu, dan lain-lain.

Sering telat sahur dan kepepet menghabiskan makanan dalam waktu singkat? Blewah bisa jadi sahabat.

Gak heran, blewah sering jadi buah yang kerap kali dicari di pasar, ketika bulan ramadhan. Tidak hanya rasanya yang segar ketika bertemu es dan sirup, buah ini juga sahabat sejati bagi kamu yang suka sahur mepet 5 menit sebelum imsak, dengan kecepatan makan yang kilat. Rasa manis pada blewah ini, sebetulnya berasal dari zat yang akan membantu ususmu menyerap makanan yang tidak tercerna secara sempurna.

Blewah juga berkhasiat untuk meredam rasa mual disaat puasa, yang bisa diakibatkan stress, kelelahan, perjalanan jauh, atau konsumsi makanan-makanan yang gak bersahabat dengan lambungmu. Blewah ini disarankan banget sebagai menu konsumsi sahur untuk kamu yang akan bepergian mudik lebih awal lho!

Selain mengkonsumsi buah-buahan diatas saat sahur, kamu juga wajib memilih menu yang sehat dengan porsi yang cukup ya, dalam artian tidak terlalu kenyang dan tidak kelaparan. Hipwee doakan semoga puasamu lancar ya!

0 komentar:

Posting Komentar