Jumat, 05 Juni 2015

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar


Mempunyai tubuh yang sehat dan bugar adalah keinginan setiap orang. Karena dengan tubuh yang sehat maka akan menambah semangat dan aktifitas akan berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita. Selain itu juga mempunyai tubuh yang sehat maka kita tidak tidak perlu mondar-mandir ke dokter dan mengeluarkan banyak waktu dan biaya untuk membeli obat. Cara mendapatkatkan agar tubuh tetap sehat dan bugar sangatlah mudah, tidak terlalu sulit dan mahal untuk dilakukan. Untuk memiliki tubuh yang sehat yaitu dengan melakukan olahraga, menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari rokok dan minuman yang beralkohol.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar

1.Olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi

Sebagian orang menganggap bahwa agar tubuh selalu sehat dan bugar, mereka harus melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Para ahli medis pun sangat setuju dengan pendapat ini. Hanya saja jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena kegiatan olahraga terlalu berat dan berlebihan justru tidak baik untuk tubuh. Lakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh dan lakukan lah secara rutin.

2.Jangan makan secara berlebihan

Menjaga pola makan sangatlah penting agar kita dapat mengatur apa saja yang boleh masuk kedalam tubuh dan apa yang seharusnya tidak dimakan. Oleh karena itu penuhi pola makan 4 sehat 5 sempurna yaitu nasi sebagai makanan pokok, lauk pauk agar tubuh kita mendapatkan protein dan lemak yang cukup, sayur mayur, buah dan susu.

Banyak dampak yang akan terjadi jika makan secara berlebihan yang seperti bertambahnya berat badan atau malah merangsang timbulnya penyakit. Dan makanlah dengan porsi makanan secukupnya sesuai yang anda butuhkan.

3.Konsumsi air putih

Selain olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, anda juga perlu mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Idealnya, konsumsi air putih yang dianjurkan oleh para ahli nutrisi adalah sekitar 8 gelas sehari. Kemudian hindari duduk terlalu lama, karena duduk terlalu lama membuat tubuh anda cepat dan lebih lelah. Selain itu, memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Karena buah-buahan dan sayuran adalah sumber vitamin , mineral, serat dan zat gizi lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Bila asupan gizi terpenuhi dengan baik, maka tubuhpun akan mendapatkan suplai energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4.Hindari rokok dan minuman yang beralkohol

Kebiasaan yang tidak baik seperti sering merokok dan minum minuman yang beralkohol adalah penyebab tak sehatnya tubuh anda. Asap rokok yang terhisap dan masuk ke dalam paru-paru akan membuat organ ini terkontaminasi oleh adanya zat racun yang disebut nikotin. Apabila dibiarkan saja dan tidak berhenti merokok , zat racun tersebut akan terus menumpuk dan menumpuk hingga mengganggu bahkan menggalkan fungsi organ paru-paru. Alhasil muncul beberapa penyakit yang berkaitan dengan organ paru-paru salah satunya kanker paru-paru. Minuman beralkohol juga menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit kronis termasuk kanker. Rokok dan minuman beralkohol juga dapat menghambat untuk cepat hamil, jadi anda harus menghindari dua hal tadi.

5.Hindari stress

Cara lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menghindari dan mencegah timbulnya stress. Tahukah anda kondisi kejiwaan yang stress akan berpengaruh pada kualitas kesehatan fisik tubuh anda. Jadi tak hanya kesehatan psikis saja yang terganggu, melainkan juga kesehatan fisik anda. Cara mencegah dan menghindari stress adalah dengan refresing dengan cara pergi berlibur, menyalurkan hobi, berkumpulnya bersama keluarga dan sahabat, mengurangi kuantitas kerja, melakukan yoga dan sebagainya.

6.Berfikir positif

Berfikir positif hubungan tubuh dan pikiran tidak bisa dipisahkan. Hubungannya dalah bila kita melakukan cara menjaga stamina tubuh dan tubuh kita juga sehat maka akan memberikan efek positif pada pikiran pula.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Mulai dari sekarang kita harus menerapkan pola hidup sehat agar tubuh selalu sehat dan bugar. Kami ucapkan terimakasih telah mengunjungi situs kami tips sehat online, semoga artikel-artikel kami bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar